Teori Organisasi Umum 2 : Pemasaran Global
Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global
Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
Hal yang mendorong di antaranya adalah : - kebutuhan dan
keinginan pasar - teknologi - perbaikan transportasi - biaya - kualitas -
perdamaian global - pertumbuhan ekonomi dunia - mengenali peluang untuk
mengembangkan daya tuas secara global
Hal yang menghambat : - perbedaan pasar - kecadokan manajemen - budaya organisasi - kendali nasional
Konsep Pemasaran Global
1. Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan
Kebutuhan,
Keinginan dan Permintaan Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan
permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan dimana manusia merasa tidak
memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat
atau pemasar, namun sudah ada dan terukir dalam hayati kondisi manusia.
keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan tersebut.
Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan
Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan
serta kesediaan membelinya. Keinginan menjadi permintaan bila didukung
dengan daya beli. Perbedaan ini bisa menjelaskan bahwa pemasar tidak
menciptakan kebutuhan; kebutuhan sudah ada sebelumnya Pemasar
mempengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat suatu produk yang
cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh pelanggan yang
dituju.
2. Produk
Produk
Produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan
atau keinginan pelanggan. Pentingnya suatu produk fisik bukan terletak
pada kepelikannya tetapi pada jasa yang dapat diberikannya Oleh karena
itu dalam membuat produk harus memperhatikan produk fisik dan jasa yang
diberikan produk tersebut.
3. Nilai,Biaya dan Kepuasan
Nilai,
Biaya dan Kepuasan Nilai adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan
total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya Setiap produk memiliki
kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan
akan memilih produk mana yang akan memberi kepuasan total paling tinggi.
Nilai setiap produk sebenarnya tergantung dari seberapa jauh produk
tersebut dapat mendekati produk ideal, dalam ini termasuk harga.
4. Pertukaran,Transaksi dan Hubungan
Pertukaran,
Transaksi dan Hubungan Kebutuhan dan keinginan manusia serta nilai
suatu produk bagi manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran.
Pemasaran timbul saat orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan serta
keinginannya dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara
mendapatkan suatu produk yang diinginkan dari seseorang dengan
menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran merupakan proses dan
bukan kejadian sesaat. Masing-masing pihak disebut berada dalam suatu
pertukaran bila mereka berunding dan mengarah pada suatu persetujuan.
Jika persetujuan tercapai maka disebut transaksi. Transaksi merupakan
pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk kelancaran dari transaksi, maka
hubungan yang baik dan saling percaya antara pelanggan, distributor,
penyalur dan pemasok akan membangun suatu ikan ekonomi, teknis clan
sosial yang kuat dengan mitranya. Sehingga transaksi tidak perlu
dinegosiasikan setiap kali, tetapi sudah menjadi hal yang rutin. Hal ini
dapat dicapai dengan menjanjikan serta menyerahkan mutu produk,
pelayanan dan harga yang wajar secara kesinambungan.
5. Pasar
Pasar
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan
atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan
pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
6. Pemasaran dan Pemasar
Pemasaran
dan Pemasar Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan
pasar, pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan
transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan
manusia. Pemasaran adalah orang yang mencari sumber daya dari orang lain
dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak
lebih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak pertama
adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.
Tahapan Menjadi Pemasar Internasional
1. - Perusahaan Domestik
- Perusahaan Internasional
- Perusahaan Multinasional
- Perusahaan Global / Transnasional
Lima strategi produk dan promosi internasional:
A. Produk
- Perluasan produk langsung (straight product extension) berarti pemasaransuatu produk di pasar luar negri tanpa perubahan apapun.
- Adaptasi produk (product adaptation) adalah menyesuaikan produk dengankondisi atau keinginan setempat.
- Penemuan produk adalah menciptakan produk atau jasa baru untuk pasar luar negeri.
B. Promosi
- Perusahaan dapat menerapkan strategi promosi yang sama dengan yang
merekagunakan di pasar dalam negeri, atau mengubahnya untuk setiap pasar
lokal.
- Adaptasi komunikasi (communication adaptation) adalah menyesuaikansepenuhnya pesan iklan terhadap pasar setempat.
- Adaptasi ganda adalah mengadaptasi promosi dengan pasar danmenyesuaikan produk tersebut.
Harga
Perusahaan menghadapi
banyak masalah mengenai penetapan harga di pasar internasional. Misalnya
menetapkan harga peralatan secara global. Perusahaan dapat menetapkan
harga seragam di seluruh dunia, tetapi harga itu akan terlalu mahal
dinegara-negara miskin dan kurang tinggi di negara kaya. Terlepas dari
cara perusahaan menetapkan harga produknya, harga diluar negeri mungkin
lebih tinggi daripadaharga dipasar domestik. Dan masalah lain termasuk
menetapkan harga untuk barangyang dikirimkan perusahaan ke anak
perusahaan di luar negeri.
Saluran Distribusi
Perusahaan
internasional harus mempunyai pandangan saluran-menyeluruh
(whole-channel view) mengenai masalah pendistribusian produk kepada
konsumen akhir. Artinya perusahaan merancang saluran international yang
memperhitungkan semua jalur dalam mendistribusikan produk penjual kepada
pembeli akhir, termasuk organisasi kantor pusat penjual kepada pembeli
akhir, termasuk organisasi kantor pusat penjual, saluran antarnegara,
dan saluran di dalam negara.